Membuat email dengan domain sendiri

Membuat email dengan domain sendiri

Mungkin sekarang sudah banyak yang menggunakan domain co.cc untuk website atau blog. Sebagian diantaranya digunakan untuk alamat email dengan menggunakan layanan Google Apps. Memang bagus fasilitas yang diberikan oleh co.cc, pengguna dapat memiliki domain (subdomain) secara gratis yang diperlengkapi layanan pengaturan domain Name System (DNS) yang memungkinkan pengguna memanfaatkan domain yang diperoleh sesuai kebutuhannya.
Saya akan kasih langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan domain co.cc untuk Google Apps terutama agar dapat digunakan sebagai alamat email, misalnya saja untuk domain mualim09.co.cc yang didaftarkan akan dibuatkan email info@mualim09.co.cc. Jadi, tanpa mempunyai atau berniat membuat website atau blog, kita pun dapat menggunakannya. Kedepannya, domain tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk penggunaan lain.

Langkah pertama:
Masuk ke website co.cc, dan pada halaman depan tersebut, Anda akan melihat kotak pengecekan domain. Masukkan nama yang Anda inginkan, kemudian click Check Availability.
Pastikan bahwa untuk nama domain tersebut tertulis Free. Jika tersedia, tetapi diharuskan membayar jumlah tertentu, Anda dapat mengulangi dengan memasukkan nama domain yang lain pada kotak pengecekan di bawahnya, kecuali memang Anda bersedia untuk membayarnya. Jika sudah, click Continue to registration.
Halaman berikutnya adalah halaman login. Jika sudah mempunyai account di co.cc, Anda dapat langsung login. Jika belum, click link Create an account now, dan langkah berikutnya adalah memasukkan nama, alamat email, password, dan identitas Anda lainnya.
Setelah login atau melakukan pendaftaran account tersebut, maka selanjutnya Anda akan dihadapkan pada halaman informasi bahwa domain baru tersebut sudah didaftarkan untuk Anda, dan Anda diberi waktu 48 jam untuk melakukan setup domain tersebut atau pendaftaran domain akan dibatalkan. Jadi, di sini Anda click tombol Set up.
Setelah masuk halaman setup domain di co.cc, biarkan halaman tersebut tetap terbuka. Anda buka jendela baru dan masuk ke halaman pendaftaran account standar Google Apps dengan click di sini.
Pada halaman tersebut click pada pilihan Administrator: I own or control this domain, selanjutnya masukkan nama domain co.cc yang Anda daftarkan tadi lalu click tombol Get Started.
Pada halaman berikutnya, masukkan semua informasi yang diminta seperti nama, alamat e-mail, telepon, termasuk juga di sini adalah jumlah pengguna yang akan memanfaatkan account Google Apps untuk nama domain yang didaftarkan (Number of users). Masukkan jumlah secukupnya untuk keperluan Anda. Untuk keperluan pembuatan alamat email untuk setiap anggota komunitas misalnya, mungkin Anda dapat memasukkan jumlah yang banyak, tapi jika hanya sekedar keperluan pribadi, jumlah 10 mungkin sudah cukup. Saya sendiri tidak tahu apakah saat ini Goolgle menerapkan pembatasan jumlah user seperti awal Google Apps atau tidak. Ketika Saya mendaftar, saya jadikan contoh di sini, saya memasukkan jumlah 10. Setelah semua informasi yang diperlukan telah diinput, click tombol Continue.

Langkah Kedua:
Pembuatan account Administrator untuk domain yang Anda daftarkan tadi. Di sini kita memasukkan username dan password untuk account administrator tersebut. Account administrator ini nantinya akan digunakan untuk keperluan pengaturan segala layanan Google Apps terkait domain yang didaftarkan termasuk yang berhak untuk menambahkan user-user lain. Di sini juga akan ditampilkan Terms and Conditions yang harus disetujui jika ingin menggunakan layanan Google Apps. Selanjutnya klik tombol I accept. Continue with set up.

Langkah Ketiga:
Anda akan masuk ke halaman Dashboard Google Apps untuk domain Anda. Untuk selanjutnya halaman ini dapat Anda akses melalui alamat https://www.google.com/a/ misalnya untuk domain mualim09.co.cc menjadi https://www.google.com/a/mualim09.co.cc. Hal yang perlu dilakukan saat ini adalah melakukan set up, dan yang pertama adalah melakukan verifikasi kepemilikan domain. Click pada link Verify domain ownership.

Langkah Keempat:
Anda akan masuk ke halaman verifikasi domain. Ada dua metode yang dapat dipilih, tapi untuk keperluan penggunaan dengan domain co.cc, di sini kita memilih cara Change your CNAME record. Di sini Anda diberikan petunjuk bagaimana untuk melakukan verifikasi dengan metode tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah nama CNAME yang harus dibuat. Untuk memudahkan langkah selanjutnya, Anda seleksi nama CNAME tersebut dan copy. Lalu biarkan halaman setup Google Apps tetap terbuka dan tanpa mengklik tombol Verify terlebih dahulu, Anda kembali ke halaman setup domain co.cc yang sebelumnya Anda tinggalkan dalam keadaan terbuka untuk membuat CNAME record. Untuk penggunaan ini kita klik pilihan yaitu Zone Records. Selanjutnya anda paste nama CNAME yang harus dibuat yang sebelumnya Anda copy dari petunjuk di halaman Google Apps pada isian Host diikuti nama domain co.cc. Untuk domain penchenk.co.cc misalnya yang dimasukkan adalah googleb03d2b040199e393.mualim09.co.cc. Untuk Type/Pri pilih CNAME, dan untuk Value masukkan google.com. Selanjutnya klik tombol Setup.
Kembali ke halaman setup di Google Apps, sekarang Anda dapat klik tombol Verify. Oh y mudeng gak?😀

Langkah Kelima:
Anda akan kembali ke halaman Dashboard dan mendapat informasi bahwa sedang dilakukan pengecekan kepemilikan domain dan ini dapat memakan waktu sampai 48 jam. Berdasarkan pengalaman Saya sendiri, waktu yang diperlukan tidak selama itu. Sambil menunggu, kita lanjutkan langkah yang dapat dilakukan berikutnya yaitu aktivasi email dengan mengklik link Activate email pada bagian Service setting di Dashboard.
Pada halaman berikutnya, Anda akan diberikan petunjuk untuk membuat MX record untuk domain tersebut yang dapat dilakukan pada pengaturan domain yang dimiliki, dalam hal ini ada di co.cc. Di sini diberikan tabel berisi daftar MX server Address beserta nilai prioritasnya yang harus dimasukkan sebagai MX record. Harus diperhatikan bahwa urutan prioritas di sini sudah diatur oleh Google, dan kita tidak diperkenankan mengubah urutan prioritas antar server. Jika harus mengubah nilai ini, maka harus tetap menjaga urutan prioritas yang diberikan.
Sebelum ngeclick tombol yang ada, langkah selanjutnya adalah kembali ke halaman pengaturan domain co.cc.
Pada halaman pengaturan domain, kita akan menambahkan MX record dan prioritasnya sesuai yang diberikan oleh Google. Untuk masing-masing record caranya sama. Untuk Host, masukan nama domain Anda, misalnya mualim09.co.cc. Untuk Type/Pri pilih MX dan Priority diisi sesuai yang diberikan Google, misalnya 10. Untuk Value masukkan MX server address-nya, misalnya ASPMX.L.GOOGLE.COM. Kemudian klik tombol Add Record. Lakukan hal yang sama untuk record-record yang lain sampai selesai.
Jika sudah, kembali ke halaman Google Apps dan klik tombol I have completed these steps dan Anda akan dibawa kembali ke Dashboard Google Apps.

Langkah Keenam:
Pada Dasboard bagian Service settings, click Email. Pada halaman berikutnya, klik link Change URL. Pada halaman berikutnya, Anda dapat memilih untuk mengubah alamat akses email yang mungkin akan memudahkan pengguna mengingat alamat login ke email. Di sini misalnya untuk domain penchenk.co.cc dibuatkan alamat akses http://mualim09.co.cc. Jika tidak dibuatkan, maka alamat untuk mengakses hanya http://mualim.google.com/a/mualim09.co.cc. Jika sudah, klik Continue.

Langkah Ketujuh
Anda akan mendapati petunjuk untuk menambahkan CNAME record untuk pengalamatan akses e-mail. Perhatikan pada point 3 dan 4.
Selanjutnya Anda kembali ke pengaturan domain co.cc untuk menambahkan CNAME record ini dengan cara yang sama ketika menambahkan CNAME record pada saat verifikasi kepemilikan domain. Di halaman pengaturan domain co.cc, masukkan alamat akses email pada bagian Host, misalnya mualim09.co.cc. Pada Type/Pri pilih CNAME dan untuk Value masukkan apa yang diberikan Google pada point 4 tadi, misalnya ghs.google.com. Selanjutnya klik Add record. Kembali ke halaman Google Apps, klik tombol I’ve completed these steps. Hal yang sama dapat diterapkan untuk mengubah alamat layanan lain yang diberikan Google Apps.
Ketika kembali ke Dashboard, Anda perhatikan status masing-masing service yang Ada terutama Email. Kemungkinan pada saat ini statusnya masih Updating.. Diperlukan waktu untuk proses ini. Meskipun tertulis sekitar 1 jam, tapi bisa saja lebih dari itu. Jika Anda menggunakan jasa warnet dan tidak ada keperluan lain, sebaiknya tinggalkan dulu termasuk halaman pengaturan domain co.cc, karena langkah-langkah setup sudah selesai, tinggal menunggu saat dapat digunakan.
Ketika proses selesai, Anda dapat mencobanya dengan mengakses http://mail.namadomain, dan jika sudah bisa, dapat dipastikan Anda sudah dapat menggunakannya.
Anda dapat memastikan dengan mencobanya untuk mengirim email ke alamat lain dan sebaliknya, atau juga untuk menggunakan Google talk atau Google Chat atau layanan lainnya. Tambahkan juga temen-temen atau anggota keluarga lain yang akan dimasukkan sebagai user untuk domain tersebut.

2 Tanggapan

  1. ayah ku kok

  2. aku dah nyoba lo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: